Skip to content

KAJIAN GABUNGAN ALKAMIL DAN HIMALKOM

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

| Sabtu, 1 Mei 2021 |

Hello Ilkomers!!

Pekanbaru (01/05/2021) – HIMALKOM FMIPA UNRI melalui Dinas Sosial dan Masyarakat telah melakukan kegiatan Kajian Gabungan ALKAMIL dan HIMALKOM secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada Jumat (30/04) lalu. Kajian kali ini bertemakan “Explore Kemuliaan Nuzulul Qur’an Gapai Keberkahan di Bulan Ramadhan” bersama Pemateri Ustadz Muhammad Radhi Rabbany, Lc. Kajian ini dimulai pukul 16.00 WIB yang dihadiri oleh seluruh pengurus HIMALKOM dan ALKAMIL.

Kajian Gabungan ALKAMIL dan HIMALKOM dibuka oleh Master of Ceromony, yaitu Olivia Asyfa Ramadhani, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Andre Azhari dan kata sambutan Bupati HIMALKOM, Wahyu Ragil. “Alhamdulillah, kita masih bisa mengikuti kajian ini walaupun masih virtual, namun dengan adanya kajian ini semoga dapat menumbuhkan kesadaran kita akan pentingnya Al-Qur’an, pentingnya Nuzulul Qur’an, dan semoga amal ibadah kita menjadi lebih baik lagi”, tutur Wahyu. Kajian dilanjutkan dengan kata sambutan dari perwakilan acara ALKAMIL, Muhammad Rafi. “Saya berharap silaturahmi HIMALKOM dan ALKAMIL ini tidak putus hanya pada acara ini saja, tapi dapat terus berlanjut kedepannya. Mari jadikan kajian ini sebagai ajang untuk mengupgrade diri kita masing-masing untuk lebih baik ke depannya”, harap Rafi.

Kajian dilanjutkan dengan pembacaan mekanisme quiz oleh Master of Ceremony. Quiz terdiri dari tiga soal yang masing-masing harus dijawab dengan benar. Kajian dilanjutkan dengan tausiyah oleh pemateri, Ustadz Muhammad Radhi Rabbany, Lc. Usai tausiyah, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Salah satu peserta kajian, R. Baginda Maulana memberikan pertanyaan. “Salah satu anjuran di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ialah melakukan iktikaf, kenapa dilakukannya 10 hari terakhir dibandingkan dengan dilakukan pada 10 hari awal bulan ramadhan?”, tanya Baginda.
“Melakukan iktikaf di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan ialah merupakan kegiatan Nabi Muhamad Saw dan sahabatnya. Kenapa tidak melakukan iktikaf di 10 hari awal bulan Ramadhan? Karena pada awal-awal bulan Ramadhan itu masa adaptasi, masa awal. Awal ramadhan mungkin kita sedikit ibadahnya, diangsur-angsur jadi banyak kedepannya. sama seperti iman, makin lama makin kuat, seperti itu juga alasan dilakukan iktikaf. Jadi di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, iman kita kuat, ibadah kita sudah banyak,” jawab Ustadz. Kajian diakhiri dengan pembacaan doa oleh Dimas Surya Ramadhan. Kajian ini berakhir pada pukul 17.29 WIB.

Setelah diadakannya kegiatan kajian gabungan ALKAMIL dan HIMALKOM ini, diharapkan ilmu Agama Islam peserta kajian dapat berkembang, serta tali silaturahim diantara kedua kelembagaan ini menjadi lebih erat.

HIMALKOM?!
KITA SATU TERUS MAJU!!

Wassalammualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.


Bupati Mahasiswa_Wahyu Ragil
Wakil Bupati Mahasiswa_M. Fariz Naufal R.
Ketum Alkamil_Arif Darma Saputra


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *