Skip to content

HARI DOWN SYNDROME SEDUNIA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

| Minggu, 21 Maret 2021 |

Hello Ilkomers!

World Down Syndrome Day (WDSD) atau Hari Down Sindrom Sedunia diperingati setiap 21 Maret yang akan jatuh pada Minggu (21/3/2021) mendatang.

WDSD adalah kesempatan tahunan bagi komunitas down sindrom global untuk saling terhubung dengan berbagi ide, pengalaman, dan pengetahuan; memberdayakan satu sama lain; mengadvokasi dan menjangkau perubahan positif persamaan hak bagi orang dengan down sindrom.

Tahun ini, WDSD mengangkat tema #CONNECT, yaitu panggilan pada seluruh komunitas dunia untuk terhubung satu sama lain di tengah pandemi COVID-19 yang mewabah sejak 2020.

Tujuan dari tema tersebut adalah untuk memastikan semua orang dengan down sindrom dapat terhubung dan berpartisipasi secara setara dengan orang lain.
Hari Down Sindrom Sedunia telah diresmikan oleh PBB sebagai hari kesadaran global sejak 2012. Tanggal 21 Maret dipilih sesuai dengan filosofi keunikan down sindrom, yaitu 3 copy kromosom ke-21 yang juga dikenal dengan nama trisomy 21. Adanya kelainan pada perkembangan kromosom tersebut yang menjadi penyebab down sindrom.
Down sindrom adalah kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental anak yang disebabkan oleh abnormalitas kromosom.

Perlu diketahui bahwa down sindrom berbeda dengan autisme. Jika down sindrom disebabkan oleh faktor genetik (kelainan kromosom) autis disebabkan oleh banyak faktor, bukan karena kelainan kromosom

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Bupati Mahasiswa_Wahyu Ragil
Wakil Bupati Mahasiswa_M. Fariz Naufal R.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *