Skip to content

GEMPA PASAMAN BARAT

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

| Jumat, 25 Februari 2022 |

Hello Ilkomers!

Gempa bumi bermagnitudo 6,2 mengguncang wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat, Jumat (25/02) pagi ini pada pukul 08.39 WIB. Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa yang berlokasi di 0.15 derajat Lintang Utara, 99.98 derajat Bujur Timur pada kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa utama berkekuatan magnitudo 6,2 ini sebelumnya didahului satu kali kejadian gempa pendahuluan dengan magnitudo 5,2 pada pukul 08.35 WIB. Hingga pukul 10.06 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi 15 aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar 4,2.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan data sementara kerusakan akibat gempa. Data hingga pukul 16.30 WIB, sebanyak 410 rumah dilaporkan mengalami kerusakan. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB juga menginformasikan, jumlah korban meninggal teridentifikasi 3 orang di Kabupaten Pasaman Barat, dan 4 di Kabupaten Pasaman. Sementara itu, total korban luka-luka mencapai 85 orang. Hingga kini sebanyak 5.000 warga mengungsi di 35 titik. Sebaran titik pengungsian di Kecamatan Talamau, Kecamatan Pasaman dan Kinali, selagi petugas masih mendata warga yang mengungsi.

Atas peristiwa Gempa Pasaman Barat, segenap keluarga besar Ilmu Komputer Universitas Riau mengucapkan bela sungkawa yang sebesar-besarnya. Mari kita doakan saudara-saudara kita yang ada di sana. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan amal ibadah korban diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.


Bupati Mahasiswa_Ilham Yusro
Wakil Bupati Mahasiswa_Ahmad Iqbal


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *