Skip to content

FORUM DISKUSI ADVOZONE

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

| Jumat, 29 April 2022 |

Hello IlkomersπŸ“’

Pekanbaru (29/04/2022) – Perwakilan Dinas Advokasi dan Mahasiswa Aktif Jurusan Ilmu Komputer melakukan audiensi ke pihak Jurusan Ilmu Komputer pada Rabu (27/04) lalu yang dihadiri oleh Bapak Roni Salambue, S.Kom. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan saran dan kritik serta mempertanyakan terkait kendala di setiap angkatannya, yang sebelumnya sudah dikumpulkan dengan berdiskusi seluruh angkatan.

Agenda dibuka oleh moderator yakni Muhammad Kurniawan. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian poin-poin yang telah didiskusikan dengan seluruh angkatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara inti yakni audiensi mengenai masalah yang dialami tiap angkatan Jurusan Ilmu Komputer. Hasil audiensi Advozone ke pihak jurusan ialah sebagai berikut :

  1. Aturan laporan proposal untuk direvisi paling lama 1 pekan oleh reviewer dan akan diterima oleh pihak jurusan selama 1 bulan masa kerja. Pada pekan pertama, mahasiswa memasukkan laporan proposal, lalu pada pekan kedua, laporan tersebut akan diperiksa oleh reviewer, kemudian pada pekan ketiga merupakan masa revisi laporan proposal dan pada pekan keempat mahasiswa sudah dapat melakukan seminar proposal. Bapak Roni sudah mengingatkan kepada Kak Tirta agar melaporkan banyaknya proposal yang diterima dan ditolak dalam satu pekan.
  2. Penyebab ditolaknya laporan proposal yaitu, pertama karena kurangnya kontribusi terhadap ilmu pengetahuan. Kebanyakan mahasiswa membuat laporan proposal sama dengan tugas kuliah, yang mana level laporan proposal lebih tinggi dari level tugas kuliah. Kemudian yang kedua merupakan replikasi dari jurnal yang sudah ada. Lalu yang ketiga adalah beberapa dosen yang menolak laporan proposal saat laporan proposal tersebut sudah lulus. Seharusnya laporan proposal yang sudah lulus tidak boleh ditolak karena dosen sudah berkomitmen untuk itu. Apabila laporan proposal tersebut tidak sesuai, maka seharusnya dosen memberi saran atau penyelesaiannya.
  3. Berdasarkan keputusan menteri, pemangkasan masa studi S1 Sistem Informasi berlaku dari angkatan 2019, 2020, 2021, dst., menjadi enam tahun atau dua belas semester dan masa cuti terhitung dalam waktu enam tahun tersebut.
  4. Perubahannya yaitu dibuat empat kelompok bidang minat. Jadi mahasiswa membuat laporan proposal berdasarkan empat kelompok bidang minat tersebut. Format laporan proposal ini sudah berjalan sejak angkatan 2018.
  5. Magang angkatan 2019 memang agak kurang terstruktur karena full online. Nilai yang sebenarnya bukan di portal magang, tetapi SIA. Apabila nilai di portal magang tidak keluar tidak masalah. Akan tetapi, apabila nilai di SIA tidak keluar, maka boleh ditanyakan penyebabnya.
  6. Karakteristik penilaian tiap mata kuliah berbeda-beda. Ada yang mengambil nilai UAS dari tugas-tugas yang diberikan dan hal ini berakibat pada mata kuliah yang menerapkan sistem perkuliahan dua sesi dengan enam belas pertemuan
    dipadatkan menjadi delapan pertemuan. Tugas yang diberikan oleh dosen untuk mahasiswa sesi satu dan dua sama dan berakibat kurang adilnya bagi mahasiswa sesi satu yang bisa dikatakan lebih bekerja keras daripada mahasiswa sesi dua.
  7. Karena hal ini, beberapa dosen menyiasati dengan cara sistem perkuliahan offline selama dua pekan bagi setiap shift dan dilakukan secara selang seling tiap pekannya.
  8. AC pada Laboratorium Siskom sudah dalam kondisi hidup semuanya.
  9. AC pada Laboratorium Multimedia ada empat dan yang benar-benar dalam kondisi baik ada satu. AC lainnya dalam kondisi sudah diperbaiki, tetapi ada kemungkinan rusak lagi. AC bagian belakang mati total dan AC bagian kiri kurang baik. Untuk pembelian AC baru tidak dapat dilakukan karena RAPBN tahun 2022 sudah ditetapkan dan laporan mengenai AC yang rusak dapat dimasukkan pada anggaran perubahan di bulan Agustus.
  10. Wi-fi pada lantai tiga gedung kuliah memiliki sinyal yang lemah, sedangkan wi-fi pada lantai satu, sinyalnya baik tetapi memiliki password yang mengakibatkan pengguna dibatasi. Kebanyakan mahasiswa berkumpul di area parkir dan sekitaran gazebo yang berada di samping gedung kuliah.
  11. Laporan mengenai perawatan AC sudah diberikan kepada BEM FMIPA. Proses perawatan sudah dilakukan beberapa kali, tetapi sekarang sudah tidak berlanjut. Laporan perawatan akan diurus oleh pihak fakultas.
  12. Laporan mengenai atap yang bocor sudah diberikan kepada pihak fakultas tetapi belum ada perbaikan yang dilakukan. Menurut Bapak Roni dapat diatasi dengan memberikan aquaproof. Kelanjutannya akan ditanyakan
    kepada pihak fakultas.
  13. Tanggung jawab sudah diberikan kepada masing-masing dosen yang bersangkutan maka dibutuhkan akan adanya forum dengan dosen-dosen tersebut secara langsung. Maka dari itu, kami dari pihak advokasi akan melakukan Forum Advokasi dengan dosen-dosen yang mendukung program MBKM pada hari Selasa tanggal 24 Mei 2022 pukul 13.00 WIB.

Semoga dengan diadakannya Advozone audiensi ke Jurusan Ilmu Komputer ini dapat menjadi koreksi untuk mengevaluasi sedikitnya yang diresahkan oleh mahasiswa dan juga agar jurusan Ilmu Komputer lebih baik lagi kedepannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€’β€’Β» Β«β€’β€’β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Bupati Mahasiswa : Ilham Yusro
Wakil Bupati Mahasiswa : Ahmad Iqbal
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€’β€’Β» Β«β€’β€’β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
DINAS INFORMASI DAN KOMUNIKASI
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€’β€’Β» Β«β€’β€’β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *