Skip to content

Bahaya Menggunakan Aplikasi VPN Gratis

Masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa penggunaan aplikasi VPN gratis ternyata menyimpan bahaya. Diantaranya adalah :

  1. Mengancaman Keamanan Perangkat.
    Salah satu fungsi utama VPN adalah melindungi akses internet pengguna dari hacker. Namun dari studi terbaru, beberapa aplikasi VPN gratis malah terinfeksi oleh malware.
  2. Memantau Aktivitas Online Pengguna
    Hal ini berdasarkan studi yang menyebut 72 persen aplikasi VPN disematkan pelacak pihak ketiga.
    Pelacak tersebut biasanya disusupkan untuk mengumpulkan data aktivitas online pengguna yang memakainya. Biasanya, data tersebut digunakan pengiklan untuk memperlihatkan iklan tertarget.
  3. Membatasi Kuota Internet
    Salah satu kekurangan lain dari aplikasi VPN gratis adalah mereka membatasi jumlah kuota saat terhubung dengan internet. Jadi, penguna hanya dapat mengakses internet melalui VPN dengan kuota tertentu, semisal 2GB.
  4. Memperlambat Jaringan Internet
    Memakai aplikasi VPN gratis juga dapat mengakibatkan kecepatan internet menurun. Hal ini lumrah karena penyedia VPN memang mengatur kecepatan internet penggunanya yang gratis.
  5. Membanjiri Pengguna dengan Iklan
    Mengingat aplikasi VPN ini gratis, pengguna tentu akan dibanjiri dengan iklan. Hal ini memang kerap mengganggu pengguna dan tidak jarang membuat bingung. Kehadiran iklan tidak sekadar mengganggu, tapi mereka juga dapat mempercepat kecepatan internet atau memancing pengguna masuk ke situs berbahaya.

Sumber : [ https://m.liputan6.com/tekno/read/3973779/5-bahaya-tersembunyi-pakai-aplikasi-vpn-gratis-di-smartphone ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *