Skip to content

ALIANSI BEM SE-UNRI BERI SURAT PERINGATAN WAKIL REKTOR BIDANG AKADEMIK

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

| Senin, 26 April 2021 |

Hello Ilkomers!!

Dalam mengeluarkan suatu kebijakan, sangat diperlukan konsistensi seorang pemimpin dalam melaksanakan kebijakannya. Konsistensi ini akan menjadi acuan untuk menuntaskan kebijakan yang telah diputuskan sebelumnya. Melalui evaluasi kinerja Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Riau Prof. Dr. M. Nur Mustafa, M.Pd, Kemenhadkesma BEM UNRI menemukan beberapa kebijakan WR I yang tidak konsisten hingga masih banyak tugas-tugas yang belum diselesaikan. Di antara kebijakan yang tidak konsisten dan kinerja yang belum selesai tersebut adalah :

  1. Pendaftaran wisuda yang telah dibuka sejak 20 Desember 2020, padahal dalam kebijakan yang dikeluarkan menetapkan jadwal pada 4-30 Januari 2021. Hal ini membuat kuota wisuda penuh sebelum jadwal yang telah ditetapkan dan tidak sinkron dengan kebijakan yang telah dikeluarkan.
  2. Pada program pendaftaran wisuda online ke-111, dalam edaran diinformasikan bahwa pendaftaran dibuka dari 15 Maret – 30 April. Namun pada kenyataanya portal baru di buka ketika tanggal 1 April, hal ini juga tidak sinkron dengan kebijakan surat edaran yang telah dikeluarkan.
  3. Terkait pendaftaran mahasiswa baru yang dimulai dari 24 Maret – 1 Juli 2021, namun pada kenyataanya portal baru dibuka pada 12 April 2021 yang nyatanya tidak sinkron dengan kebijakan yang telah dikeluarkan. Kemudian terjadi perubahan jadwal pendaftaran ulang mahasiswa baru yang pada awalnya dari 24 Maret – 1 Juli 2021 diganti secara mendadak pada tanggal 24 Maret – 24 April, maka perubahan tersebut akan membuat permasalahan waktu yang menjadi lebih singkat dan waktu yang terbatas untuk melakukan pendaftaran ulang akibat portal yang baru dibuka pada 12 April 2021.
  4. Portal pengisian KRS yang tidak dapat dibuka pada jadwal yang telah ditentukan yaitu 4-13 Februari 2021, sehingga menyebabkan mahasiswa tidak dapat mengisi KRS pada jadwal fakultas yang telah ditetapkan
  5. KTM mahasiswa angkatan 2020 yang saat ini belum selesai dicetak.
  6. Mahasiswa yang telah melakukan wisuda tetapi masih dengan status belum tamat pada data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

Sehubungan dengan banyaknya problema terhadap kebijakan dan kinerja WR I, Aliansi BEM se-Universitas Riau telah menjatuhkan Surat Peringatan (SP) 1 kepada Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau pada Jumat (23/4) di Gedung Rektorat Universitas Riau. Dalam hal ini terdapat beberapa tuntutan, yaitu :

  1. Wakil Rektor Bidang Akademik harus konsisten dengan kebijakan yang telah dikeluarkan supaya tidak terjadi kebingungan di tengah mahasiswa atau bahkan menyebabkan kerugian terhadap mahasiswa.
  2. Wakil Rektor Bidang Akademik harus memperbaiki koordinasi dengan bidang lain dan pengawasan yang lebih baik dalam pelaksanaan kebijakan yang telah dikeluarkan agar berjalan dengan baik.
  3. Wakil Rektor Bidang Akademik dan jajarannya segera menyelesaikan tugas-tugas yg belum selesai seperti cetak Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yg saat ini masih KTM sementara dan segala bentuk bagian akademik.

Apabila poin 1 sampai 3 tidak dilaksanakan, maka akan dilanjutkan dengan Surat Peringatan 2 dan disusul dengan Surat Peringatan 3 hingga aksi penurunan jabatan Wakil Rektor Bidang Akademik oleh mahasiswa Universitas Riau. (DA/AHA)

HIMALKOM?!
KITA SATU TERUS MAJU!!

Wassalamualaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.


Bupati Mahasiswa_Wahyu Ragil
Wakil Bupati Mahasiswa_M. Fariz Naufal R.


DINAS INFORMASI DAN KOMUNIKASI


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *